Rabu, 24 Desember 2008

DEKORASI FOTO



Melakukan dekorasi membutuhkan teknik dan kreativitas tersendiri. Di sini Anda akan mempelajari bagaimana membuat sebuah karya yang terdiri dari gabungan foto, background, dan objek lainnya dari awal hingga menjadi sebuah dekorasi yang menarik. Joko Nurjadi

MENYIAPKAN FOTO
Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa foto, dekorasi ini akan menampilkan tema go green dan perlindungan terhadap binatang. Karena itu, kita memerlukan foto binatang-binatang kesayangan dengan nuansa yang alami. Langkah pertama adalah membuat sebuah kanvas kerja sebagai background dengan memilih menu File – New, tentukan dimensi seluas 1024x768 pixel, Background Contents dengan White. Kemudian buka salah satu foto dengan memilih menu File – Open.

MEMBUAT BINGKAI
Gabungkan foto binatang kesayangan Anda ke dalam kanvas kerja dengan cara copy paste ataupun drag and drop layer. Berikan nama layer foto dengan nama pet1. Klik icon “Create a new layer” pada jendela Layer untuk membuat sebuah layer baru bernama Layer 1, dan letakkan di bawah layer pet1. Pilih Rectangular Marquee Tool dan buat bingkai di sekitar foto. Tentukan foreground color dengan warna soft, misalnya #c5e7c8. Pilih Paint Bucket Tools dan klik pada area terseleksi sehingga membentuk bingkai.

TERBANGKAN!
Klik layer pet1, tekan kombinasi tombol CTRL + E untuk melakukan merge dengan layer di bawahnya. Tekan tombol CTRL + D untuk menghilangkan area seleksi. Tekan tombol CTRL + T untuk mengaktifkan Transform, lalu aktifkan Warp Mode dengan klik kanan dan pilih Warp. Dengan warp mode, Anda dapat membentuk sudut-sudut foto dan membuat efek sehelai foto yang terbang melayang. Buat efek warp sesuai dengan kreativitas Anda, tekan tombol Enter setelah selesai.

DEKORASI LATAR
Agar dekorasi menjadi menarik dan ramai, ambil foto lain dan buat efek yang sama dengan cara di atas se-hingga kanvas kerja Anda berisi beberapa foto dengan bentuk yang menarik. Sekarang kita akan mendekorasi background lebih lanjut, dengan posisi aktif pada layer Background, pilih menu Filter – Sketch – Chalk & Charcoal. Gunakan parameter default, dan Anda mendapatkan sebuah tekstur background yang menarik.

TAMBAHKAN BRUSH
Pilih Brush Tool, tentukan jenis brush dengan Grass (brush berbentuk rumput) dengan master diameter 134 pixel, yang memberikan nuansa natural. Ubah foreground color dengan kode warna #53ba5c, lalu sapukan brush pada layer Background. Anda dapat berkreasi dengan memainkan opacity agar sapuan brush berbentuk rumput lebih bervariasi dan menarik.

TAMBAHKAN TEXT
Dekorasi dapat Anda percantik dengan menambahkan text, sekaligus menyampaikan pesan yang dapat mewakili tema dekorasi. Pilih Horizontal Type Tool, pilih font yang Anda sukai dengan ukuran yang proporsional, lalu ketikkan pesan Anda. Berikan efek shadow yang unik dengan cara menduplikasikan layer text dengan menekan kombinasi tombol CTRL + J, geser posisi layer hasil duplikasi dan ubah Opacity sebesar 75% dan Fill sebesar 49%.

SAMPAIKAN PESAN ANDA
Masih banyak variasi objek maupun teknik yang dapat Anda tambahkan untuk memperindah dekorasi. Gali lebih jauh lagi kreativitas Anda, tetapi yang tidak kalah penting adalah menyadari bahwa sebuah gambar baru bermakna jika mampu menimbulkan kesan yang mendalam, sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar