Kamis, 19 Februari 2009

MEMBANGUN ADD-INS EXCEL



[caption id="" align="alignleft" width="200" caption="MS. Excel"]MS. Excel[/caption]

Salah satu cara untuk kustomiasasi Excel 2007 melalui Add-In. Bagaimana caranya? Agus Kurniawan

MICROSOFT EXCEL 2007 merupakan aplikasi perkantoran yang dapat dikatakan banyak digunakan orang untuk berbagai kepentingan dan tujuan. Namun dengan fi tur sebanyak itu, kadang kalanya tidak sesuai dengan keinginan kita. Nah, Excel 2007 dapat kita kustomisasi dengan kebutuhan kita. Salah satu caranya adalah melalui Add-In.


Pada artikel ini, penulis akan mengajak pembaca bagaimana melakukan Add-In pada Excel 2007. Membuat Add-In


Ok, kita langsung membuat Add-In pada Excel 2007. Sebelumnya buat dokumen Excel atau workbook yang akan digunakan sebagai Add-In. Misalkan, penulis membuat workbook seperti Gambar 1.


Selanjutnya workbook ini disimpan melalui Save As dan pilih tipe Other Format. Kemudian akan muncul kotak dialog. Pilih tipenya Excel Add-In dan isi nama fi le-nya, misalkan Penjualan. xlam, contohnya seperti Gambar 2.


Setelah kita menyimpannya, maka kita tidak bisa melihatnya karena memang sudah tidak menjadi workbook atau dengan kata lain kita tetap bisa membuat filenya tetapi isi dokumennya tidak dapat dilihat lagi kecuali kita program melalui VBA.


Konfigurasi Add-In Properties


Langkah selanjutnya adalah kita harus mengonfi gurasi workbook add-in yang baru kita buat. Buka file Add-In yang kita buat, misalkan tadi file Penjualan.xlam, setelah terbuka dengan Excel maka aktifkan untuk masuk ke VBA Editor.


Pada VBA Editor ini, klik menu Tools dan klik menu VBAProject Properties sehingga akan muncul kotak dialog seperti Gambar 3.


Isilan nama project dan juga pada tab Protection, centang ([1]) Lock project for viewing dan isi password-nya. Jika selesai, klik tombol Ok.


Pada VBA editor, klik menu View->Properties Window dan arahkan untuk mengklik ThisWorkbook sehingga Properties Windows berisi properties dari workbook. Berikan nilai False pada IsAddin seperti Gambar 4.


Setelah di-setting IsAddin menjadi nilai False, maka workbook akan terlihat. Selanjutnya tutup aplikasinya. Instalasi


Berikut ini proses instalasi Add-In pada Excel 2007:


1. Buat dokumen baru Excel.


2. Klik Office button dan klik tombol Excel Options sehingga akan muncul kotak dialog seperti Gambar5.


3. Klik menu Add-Ins.


4. Cari Add-In yang telah kita buat.


5. Setelah ketemu klik tombol Go sehingga akan muncul ExcelAdd-In.


6. Pilih Excel Add-In yang telah dibuat sebelumnya, lihat Gambar 6.


7. Klik tombol Ok.


Jika dapat kustomisasi dengan menambah menu Ribbon sesuai dengan keinginann.


Visual Studio Tool Office (VSTO)


Cara lain untuk membuat aplikasi Add-In pada Excel 2007 kita dapat memanfaatkan Visual Studio 2008. Istilah pemrogramannya disebut dengan Visual Studio Tool Office (VSTO). Pada Visual Studio 2008, sudah disediakan beberapa template Add-In


Microsoft Office 2007 termasuk Excel 2007. Keuntungan memanfaatkan Visual Studio 2008 sebagai tool development untuk membuat aplikasi Excel Add-In sangat banyak di mana salah satunya kustomisasinya jauh lebih baik, tetapi memang memprogramnya jauh lebih komplek ketimbangan Excel Add-In melalui VBA.


Untuk membuat aplikasi Excel Add-In, dibutuhkan minimal Visual Studio 2008 Standard atau professional Edition. Sedangkan, Visual Studio 2008 Express Edition (versi gratis) tidak support untuk VSTO.


LEBIH LANJUT


Denise Etheridge, Microsoft Office Excel 2007 Programming, Wiley Publishing, 2007



Microsoft Office, www.microsoft.com/office

Tidak ada komentar:

Posting Komentar