Senin, 15 Desember 2008

Berbagi Cerita Tentang Paid Review

Semenjak saya mengikuti program paid review, rasanya semakin cinta saja ) kenapa? ya karena disini saya ternyata bisa mendapatkan lebih, walaupun gak lebih-lebih amat. Tetapi jika hanya mencari 20 - 30 dollar sehari ternyata bisa, walaupun hanya menggunakan 2 blog (Online Buzz & Latest Tech News) sepi seperti tak berpenghuni. Ini tidak saya bayangkan sebelumnya. Dari kedua blog tersebut yang paling sering mendapatkan order hanyalah blog tentang latest tech news tersebut.

Kenapa blog saya tersebut mengambil topik teknologi? bukan karena ikut-ikutan blog-blog besar yang banyak mengupas tentang itu, dan banyak dikunjungi oleh pengunjung tersebut, tetapi dulunya ketika saya sering mencari informasi tentang kamera digital, ada pemikiran kenapa tidak sekalian saja saya masukkan dalam sebuah blog? sehingga sekali jalan dua keperluan bisa terselesaikan. Saya bisa mendapatkan informasi yang saya cari, setelah selesai baca-baca lalu saya copy informasi tersebut ke blog saya (ngopy-nya sudah pakai ijin lho). Jadi jika sekarang ini ada yang melihat blog tersebut seperti ikut-ikutan blog-blog besar, itu bukan dari awal saya membuat, tetapi setelah ada blog tersebut baru banyak nyontek ilmu dari mana-mana.

Kembali ke masalah paid review, pertama kali saya bergabung dengan Smorty, lalu Blogsvertise, setelah itu baru Sponsored review. Awalnya saya tidak memilih-milih untuk bergabung dengan yang mana, tetapi lebih cenderung coba-coba. Ya mungkin itu kebiasaan saya yang senang coba-coba, masalah ditolak itu urusan belakangan. Tetapi ternyata dari hasil coba-coba mendaftarkan blog seadanya diterima. Dari situlah pertama kali saya mendapatkan order menulis review. Review pertama diterima, kedua diterima, akhirnya ketagihan mendaftarkan blog lainnya, maunya seh supaya bisa mendapat job review lebih banyak lagi, dan salah satu blog tersebut adalah blog berbahasa Indonesia ini. Saya sendiri awalnya tidak tahu jika blog berbahasa Indonesia bisa diikutkan dalam program ini. Mungkin itu keuntungan dari orang yang senang coba-coba ) yang tadinya tidak tahu jadi tahu. Lebih senang lagi ketika blog ini proses approve nya cepat, dan pertama kali mendapatkan job senilai $10 ketimbang blog lain yang menggunakan bahasa inggris.

Hari ini Job senilai $25 Melayang!

Niatnya pengen membuat ritme posting antara paid review dan original content seperti yang saya inginkan, eh malah job senilai $25 terlewatkan. Ini terjadi karena saya kurang cermat melihat batas akhir dari job tersebut. kejadian tersebut terjadi di Blogtoprofit, karena disana ternyata kebanyakan batas maksimal job untuk dikerjakan adalah 5 hari. Yang biasanya setiap blog baru yang didaftarkan disana akan langsung mendapatkan 5 job dengan nilai $5 perjobnya. Lumayan kan?

Saya dalam menulis review tidak jual mahal, saya lebih senang memilih yang se-topik dengan blog dari pada mahal tetapi jauh meleceng dari topik. Tetapi memang seringnya mendapatkan job yang jauh dari topik, tetapi tidak masalah, karena saya sendiri tetap mengatur ritme posting, jangan sampai lebih banyak paid review daripada postingan kita sendiri. Maklum saya sendiri tidak memiliki blog khusus untuk paid review. Ada juga yang bilang uang $5 adalah kecil, mungkin untuk master-master bisa saja bilang begitu, tetapi saya sering mensikapinya “daripada nganggur”. Jadi jika ada yang tertarik dengan paid review, pesan saya adalah tidak usah milih-milih, asal ada job untuk ditulis, tulis saja. Karena kadang kesempatan itu tidak datang lagi. Dan yang lebih penting lagi adalah semakin banyak menulis review, dan review tersebut diterima, maka kita akan mendapatkan nilai lebih. Itu berarti akan sering mendapatkan order. Seperti yang saya lakukan di Smorty.

Program paid review lainnya adalah Payperpost. Saya bergabung dengan payperpost belum lama ini. Dan sewaktu pertama kali mendaftar blog saya ditolak, padahal PR 2. Lalu saya coba lagi dengan blog lainnya, dan akhirnya diterima. Lagi-lagi blog tersebut adalah blog yang satu ini. Diblog tersebut tidak ada yang istimewa, anda bisa melihatnya sendiri, dan mungkin anda juga bisa belajar dari kasus saya tersebut, kenapa blog yang saat ini hanya ber-PR 1 (sewaktu mendaftar PR 0) dan Alexa rank nya juga masih ratusan ribu tetapi bisa diterima daripada PR tinggi. Dari payperpost hari ini sudah bisa menghasilkan $39, ya walaupun belum dikirim ke paypal, tetapi itu sudah siap dikirim tgl 24 maret besok )

Sudah atau belum mengikuti program paid review, tempat ini saya sediakan untuk diskusi, jadi jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan, tetapi jika ada punya tips trik bisa juga disharing disini. Semoga Bermanfaat!

Sumber diambil dari Business Inspiration

Tidak ada komentar:

Posting Komentar